STUDI LAPANGAN MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO

STUDI LAPANGAN MAHASISWA/I PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO JURUSAN PTK FKIP UNDANA KUPANG

Sebanyak 12 orang mahasiswa/i Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Jurusan PTK FKIP UNDANA KUPANG mengadakan Studi Lapangan di Pangkalan Utama TNI AL (LANTAMAL) VII KUPANG tepatnya di atas Kapal Perang Angkatan Laut (KAL Kembang 1.7.01) yaitu Kapal Patroli Terbatas milik LANTAMAL yang sandar di Dermaga Navigasi Kupang-NTT pada Hari Selasa Tanggal 5 Mei 2015. Pelaksanaan Kegiatan berlangsung kurang lebih sekitar 4 jam dimulai pukul 08.00 – 12.00 WITA. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa dapat menjelaskan Pemetaan Rute Pelayaran dengan bantuan Sonar dan GPS dan Pemanduan Pelayaran dengan Navigasi Cellestial, Instrumental dan Sonar. Mahasiswa/i yang diikutsertakan adalah yang sedang memprogramkan Mata Kuliah Radar dan Navigasi pada Semester Genap Tahun Akademik 2014-2015, antara lain: Adrianus Atok, Ariyon M. S. Boru, Clementia Lengari, Imanuel Nufninu, Irwan Umbu Sebu, Maria Andriani Ivania Rera, Nestorig Riwu Wadu, Nur Narang, Peluncur M. Bangngu, Reinaldo S. Snoe, Robi A. M. Soan dan Silvester A. Tiumlafu. Mayor laut (P) W. Yohni Arnaldo Bessie selaku Komandan Satkamla Lantamal VII menyambut baik kegiatan ini sehingga memercayakan kepada tiga orang instruktur guna mendampingi para mahasiswa selama kegiatan studi lapangan. Ketiga orang instruktur tersebut antara lain: Letda Laut (P) Holid selaku Komandan KAL Kembang meyampaikan materi berjudul “Perkenalan KAL Kembang serta Peralatan Elektronik yang berada di dalamnya”; Letda Laut (E) M. Marsilan menyampaikan materi berjudul “Sistem Penandaan Pelayaran dengan Navigasi, Cellestrila, Instrumental, Jenis-jenis Radar, GPS, Kompas dan Sonar; serta Kapten laut (P) Supriyanto, SH selaku Pasops Satkamla Lantamal VII menyampaikan materi berjudul: “Pemberian Rute Pelayaran dengan Bantuan Sonar dan GPS serta Komunikasi.

Studi lapangan juga dilaksanakan di Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) Distrik Kupang tepatnya di Gedung ATS Bandara El Tari Kupang pada hari Senin, 11 Mei 2015. Kegiatan ini bertujuan agar Mahasiswa dapat memahami Sistem Penerbangan, Sistem Navigasi Penerbangan dan Instrumen Pesawat Terbang. Antusias mahasiswa/i yang mengikuti kegiatan ini sangat tinggi sehingga kegiatan ini berlangsung pukul 08.00 Wita terus ditekuni hingga berakhir pada sore hari pukul 17.00 Wita. Seluruh kegiatan ini didampingi oleh Zet Yulius Baitanu, ST., MT selaku pengasuh mata kuliah.

Sumber:

1. Surat Keterangan Komandan Satkamla Lantamal VII, Nomor: SKET/025/V/2015 Tanggal 08 Mei 2015

2. Surat Keterangan Horas Sitompul, S.SiT selaku Distrik Manager Perum LPPNPI Kupang, Nomor: KET 10.10/06.2/LPPNPI/05/2015/214 Tanggal 26 Mei 2015.

Editor/ Narasi: Administrator FKIP Undana

FOTO-FOTO KEGIATAN:

bagikan artikel di

FacebookLinkedinTwitter