Faculty of Education and Teachers Training

Pendidikan Teknik Elektro

1. IDENTITAS PROGRAM STUDI

Program Studi (PS) : Pendidikan Teknik Elektro

Jurusan/Departemen : Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.

Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Perguruan Tinggi : Universitas Nusa Cendana.

Nomor SK pendirian PS (*) : 100/DIKTI/KEP/1984

Tanggal SK pendirian PS : 21 Agustus 1984

Pejabat Penandatangan SK Pendirian PS : DIKTI

Bulan & Tahun Dimulainya Penyelenggaraan PS : 21 Agustus 1984

Nomor SK Izin Operasional (*) : 5118/D/T/K-N/2011.

Tanggal SK Izin Operasional : 04 Januari 2011.

Peringkat (Nilai) Akreditasi Terakhir : C (Cukup)

Nomor SK BAN-PT :416/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2014

Alamat PS : Jl. Adisucipto Penfui Kupang

Homepage dan E-mail PS : Alamat e-mail ini diproteksi dari spambot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya

2. Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran , serta strategi PENCAPAIAN

1.1 Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaranserta Strategi Pencapaian

1.1.2Visi

Pendidikan Teknik Elektro FKIP Undana menjadi program studi yang handal untuk menghasilkan Tenaga Pendidik yang profesional dan bermartabat dalam bidang Teknik Elektro yang berwawasan global.

1.1.3 Misi

a. Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi dalam bidang Elektronika Komunikasi dan Listrik Tenaga yang mampu menghasilkanTenaga Pendidik yang berakhlak mulia, berbudi pekerti, beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, profesional, kompetitif, berdisiplin dan menguasai IPTEKS.

b. Mendorong kemajuan penelitian dalam bidang Elektronika, Komunikasi dan Listrik Tenaga yang menopang kemajuan IPTEKS.

c. Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat melalui pemanfaatan IPTEKS untuk meningkatkan kualitas pendidikan kejuruan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

d. Meningkatkan kerjasama secara berkelanjutan dengan lembaga pendidikan kejuruan, lembaga pemerintah dan dunia usaha.

1.1.4 Tujuan

Tujuan Umum.

Terwujudnya struktur manajemen Program Studi yang handal dan professional yang didukung oleh potensi SDM, peralatan dan lingkungan kerja yang memadai untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, kreatif, inovatif, produktif dan berbobot dalam rangka pengembangan IPTEKS.

Tujuan Khusus

a) Menghasilkan tenaga pendidik dalam bidang Elektronika Komunikasi dan Listrik Tenaga yang berakhlak mulia, berbudi pekerti, beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, professional, kompetitif, berdisiplin dan menguasai IPTEKS.

b) Mengembangkan dan menyebar luaskan hasil penelitian untuk meningkatkan kualitas pendidikan kejuruan khususnya bidang Elektronika Komunikasi dan Listrik Tenaga.

c) Membentuk lulusan yang mampu mengaplikasikan ilmu Elektronika Komunikasi dan Listrik Tenaga dalam kehidupan masyarakat.

d) Menghasilkan jaringan kerja sama yang kuat antara Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FKIP UNDANA dengan lembaga pendidikan kejuruan, lembaga pemerintah dan dunia usaha untuk mendukung peningkatan kualitas tenaga pendidik dalam bidang Elektronika Komunikasi dan Listrik Tenaga

1.1.5 Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

1. Kenaikan produktifitas lulusan

2. Tercapainya Kenaikan Indeks Prestasi Kumulatif per tahun

3. Mempercepat lama studi dari 11,4 semester menjadi 10,0 semester

4. Meningkatkan kualifikasi dosen berpendidikan S2 menjadi 100 % di tahun 2014 dan dari s3 minimal 25 %

5. Melengkapi sarana prasarana untuk menunjang pendidikan juga peralatan laboratorium.

6. Peningkatan usul penelitian yang diterima dari berbagai sumber.

7. Peningkatan layanan secara cepat dan tepat kepada mahasiswa.

8. Peningkatan artikel ilmiah yang dipublikasikan

9. Memperbanyak kegiatan pengabdian kepada masyarakat

10. Ketepatan waktu kegiatan akademik.

3. FASILITAS

3.1 Ruang Kuliah dengan fasilitas modern

Kampus Program Studi Pendidikan Teknik Elektro telah melengkapi semua ruang perkuliahan dengan fasilitas modern seperti; LCD, Komputer, Jaringan (LAN/WAN) dan CCTV. Semua kelengkapan ini sangat membantu mahasiswa untuk mendapatkan semua materi perkuliahan ataupun materi tambahan pendukung materi perkuliahan yang diberikan. Hal ini membuat ruang perkuliahan di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro menjadi relatif paling lengkap di Kota Kupang.

Untuk mendukung kenyamanan belajar, disediakan ruang belajar yang representatif dan ber-AC untuk kegiatan perkuliahan, belajar kelompok dan belajar mandiri.

3.2 Laboratorium Program Studi Pendidikan Teknik Elektro

Tersedia Modul-modul trainer LabVolt untuk Praktikum: Listrik Tenaga, Telekomunikasi, Elektronika, Komputer dan Pendingin.

3.3 Tempat Parkir

4. DOSEN

3.1 Data Dosen Tetap yang Bidang Keahliannya Sesuai Bidang PS

No.

Nama Dosen Tetap

NIDN**

Tgl. Lahir

Jabatan Akademik***

Gelar Akademik

Pendidikan S1, S2, S3 dan Asal PT*

Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

I Made Parsa

0018066114

18-06-1961

Lektor Kepala***

Dr.,M.Pd

S1. IKIP Bandung

Pendidikan Teknik Elektro

S2. IKIP Jakarta

Pendidikan Teknik dan Kejuruan

S3. UNJ Jakarta*

Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

2

Gunadi Tjahjono

0008116309

08-11-1963

Lektor Kepala***

Dr., M.Pd

S1.IKIP Bandung

Pendidikan Teknik Elektro

S2. IKIP Yogyakarta

Pendidikan Teknik dan Kejuruan

S3. UNYYogyakarta*

Pendidikan Teknologi & Kejuruan

3

Fransiscus Ferry GoE Ray

0005067405

05-06-1974

Asisten Ahli***

S.Pd.,M.Si

S1. Undana*

Pendidikan Teknik Elektro

S2. Undana*

Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan

4

Nixson Jeheskial Meok

0022087505

22-08-1975

LEKTOR ***

ST, MT

S1. Undana*

Teknik Elektro

S2. ITS*

Teknik Elektro-Telekomunikasi Multimedia

5

Godlief Erwin Semuel Mige

0016097506

16-09-1975

Asisten Ahli***

ST, MT

S1. ITN Malang*

Teknik Elektronika

S2. ITS*

Teknik Elektro-Telekomunikasi Multimedia

6

Zet Yulius Baitanu

0023037707

23-03-1977

LEKTOR***

ST, MT

S1. Undana*

Teknik Elektro

S2. Unhas*

Teknik Elektro

7

Ichsan Fahmi

0005057703

05-05-1977

Asisten Ahli

ST

S1. Univ. Widya Gama Malang*

Teknik Elektro/Telekomunikasi

8

Yetursance Yuslina Manafe

0026067905

26-06-1979

Lektor***

ST, MT

S1. Undana*

Teknik Elektro

S2. ITS*

Teknik Elektro-Telekomunikasi Multimedia

 

3.2 Data Dosen Tetap yang Bidang Keahliannya di Luar Bidang PS

No.

Nama Dosen Tetap

NIDN**

Tgl. Lahir

Jabatan Akademik***

Gelar Akademik

Pendidikan S1, S2, S3 dan Asal PT*

Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Johanis Alex Ninu

0002076008

02-07-1960

Lektor***

SH. M. Si

S1 UNDANA*

Hukum Tata Negara

S2 UI*

Ilmu Politik

2

Daniel AdutaE

0012114912

12-11-1949

Lektor***

Drs. , M. Si

S1 IKIP Bandung*

Listrik

S2 Undana*

Adminstrasi Publik

3

Gaspar Melo

0024065810

24-06-1958

Lektor***

Drs. , M. Pd

S1 Undana*

Psikologi Pendidikan dan Bimbingan

S1 IKIP Ujung Pandang*

Pendidikan IPA SD

S2 Undana*

Pendidikan IPS

4

Theodorus Eban Ola

0020084902

20-08-1949

Lektor***

S.Pd., M.Hum

S1 Undana*

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

S2 Undana*

Linguistik

3.3 Data Dosen Tidak Tetap pada PS ini

No.

Nama Dosen Tidak Tetap

NIDN**

Tgl. Lahir

Jabatan Akademik***

Gelar Akademik

Pendidikan S1, S2, S3 dan Asal PT *

Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Renold Harse Modok

-

23-04-1984

Dosen Kontrak

S.Pd., M.Pd

S1 Undana*

Pendidikan Teknik Elektro

S2 UNY Yokyakarta*

Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (PTK)

2

Lukas Willa

-

25-10-1960

Dosen Tidak Tetap

S.Pd., M.Pd

S1 IKIP Yogyakarta

Pendidikan Teknik Elektronika

S2 Univ. Pendidikan Indonesia*

Pendidikan Teknologi dan Kejuruan

3

Chrispinus Paulus Tamal

-

10-10-1981

Dosen Kontrak

S. Pd, M. Pd

S1 UNDANA

Pendidikan Teknik Elektro

S2 UN Yogyakarta*

PTK

4

Hendriyanus Rudyanto Tonubessi

-

31-03-1965

Dosen Tidak Tetap

Drs. , M. Si., M.Hum

S1 UNDANA*

Pendidikan Teknik Elektro

S2 UKSW Salatiga*

Studi Pembangunan

S2 Undana*

Ilmu Hukum

5

Christian Yohanis Boboy

-

17-03-1981

Dosen Kontrak

S.Pd.

S1 PTK Undana*

Pendidikan Teknik Elektro

MONEV DAN PEMBIMBINGAN KEGIATAN MENGAJAR PESERTA PESERTA SM-3T ANGKATAN V DI KAB. DEYAI-PAPUA

E-mail Cetak PDF

MONEV DAN PEMBIMBINGAN KEGIATAN MENGAJAR PESERTA PESERTA SM-3T ANGKATAN V DI KAB. DEYAI-PAPUA

Perjalanan Tim untuk melakukan Monitoring, Evaluasi dan Pembimbingan Kegiatan Mengajar Peserta SM3T ke Kabupaten Deiyai pada tanggal 13 Pebruari 2016, maka Transportasi dari Bandara Eltari Kota Kupang ke Kabupaten Deiyai menggunakan maskapai Penerbangan Lion Air Pukul 15.05 Wita dan Transit di Bandara Juanda Surabaya - Bandara Hasanuddin di Makassar – Bandara Sentani Papua dan terakhir tiba di Bandara Nabire Tanggal 14 Pebruari 2016 Pukul 10.30 WIT. Tim Monev tidak bisa melanjutkan ke Kab. Deiyai karena keadaan cuaca serta keamanan yang kurang kondusif bila melanjutkan perjalanan pada waktu sore atau malam hari, karena itu Tim Monev memutuskan untuk menginap di Hotel Maju Nabire guna beristirahat sekaligus mencari informasi sarana transportasi lanjutan ke Kab. Deiyai Provinsi Papua. Untuk mencapai Kota Waghete (Ibukota Kab. Deiyai) bisa menggunakan pesawat udara perintis (subsidi pemkab) atau kendaraan darat. Perjalanan ke Wagete-Kabupaten Deiyai ±300 Km bisa ditempuh dengan kendaraan darat (kendaraan roda 2 atau 4 baik kendaraan umum atau pribadi) yang mana sebagian besar kondisi jalan telah di-aspal/ hotmix namun berliku-liku, tanjakan-turunan curam serta beberapa titik jalan rawan longsor, juga sebagian jembatan baru sementara dikerjakan hingga harus menyeberangi beberapa sungai hidup dikelilingi hutan rimba nan lebat dan sesekali diguyur hujan lebat disertai kabut yang tebal. Perjalanan dari Nabire ke Wagete-Kabupaten Deiyai juga bisa ditempuh dengan pesawat-peswat kecil (konon disebut pesawat capung) namun dengan jadwal yang tidak pasti karena harus mendarat di Dogiyai atau di Paniai. Bila mendarat di Paniai, maka harus melanjutkan perjalanan ke Wagete dengan kendaraan umum ±50 Km, sedangkan bila mendarat di Dogiyai juga harus dilanjutkan perjalanan ke Wagete dengan kendaraan umum ±100 Km. Karena tidak mendapat jadwal penerbangan yang pasti, maka tim Monev menyiapkan kondisi fisik dan mental dengan beristirahat di Hotel untuk melanjutkan perjalanan besoknya dengan kendaraan darat. Tim Monev mencarter Sebuah Mobil Fortuner (pergi-pulang) untuk melanjutkan perjalanan ke Kab. Deiyai pada Pukul 09.00 WIT Tgl. 15 Pebruari 2016 hingga tiba di Waghete pada Pukul. 17.30 WIT

Gbr. 1 Beristirahat sejenak sekalian pose di ruas jalan dari Kota Nabire Menuju Kab. Deiyai, tepatnya di Km 160. Sepanjang pinggir jalan dipenuhi hutan rimba nan sejuk (Gambar diambil 15/02/2016, 14:37 WIT)

1. Kondisi Lokasi Sasaran Monitoring dan Evaluasi.

Kota Waghete ibu Kota Kabupaten Deiyai Provinsi Papua berada di pesisir Danau Tigi juga lereng-lereng bukit/gunung pada ketinggian ± 1500m dpl dan suhu udara 12–16oC (terukur pada pesawat GPS yang terpasang di mobil). Penempatan peserta SM3T di oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kab. Deiyai hampir tersebar merata ke sekolah-sekolah di seluruh distrik (di NTT disebut Kecamatan) sesuai kualifikasi pendidikan masing-masing peserta. Lokasi-lokasi yang jauh di luar kota adalah di Distrik Tigi Barat ± 35 kM dan Distrik Tigi Timur ±20 kM dari pusat kota di Waghete. Tidak ada sumber air bersih di pemukiman dikarenakan kawasan pemukiman berada di pesisir danau Tigi. Pemerintah juga belum berinvestasi air bersih lewat PDAM. Kondisi jalan masih pengerasan dan berliku-liku serta turunan da tanjakan yang tajam mengitari pesisir Danau Tigi. Hal ini bisa dimaklumi karena belum ada fasilitas transportasi angkutan danau (ASDP).

2. Kegiatan Monitoring dan Evaluasi.

Untuk kegiatan Monitoring dan Evaluasi pada hari pertama yaitu Selasa, 16 Feb. 2016 kami fokuskan ke sekolah-sekolah yang baru saja memperoleh alokasi peserta SM3T Angkatan V 2015. Tepat jam 08.30 WIT Tim Monev tiba di SD dan SMP Satap YPPK Edagotadi Distrik Tigi Timur (±10 km dari Kota Waghete). Kami melaporkan diri ke Kepala Sekolah dengan menyampaikan maksud dan tujuan kami sehingga selanjutnya kepala sekolah mempersilahkan kami langsung monitoring ke ruang kelas 5 dan 6 (rombongan belajar digabung karena kekurangan guru) yang mana sementara pelajaran matematika berlangsung yang diasuh oleh peserta guru SM3T. Monitoring selanjutnya dilakukan di ruang kelas 8 SMP YPPK Edagotadi yang mana sementara berlangsung pelajaran bahasa inggris oleh seorang guru yang adalah peserta SM3T, Tim mendapati siswa yang mengikuti pelajaran hanya berjumlah 2 orang dari total 4 orang di kelas 8 seluruhnya. Informasi yang diberikan oleh guru peserta bahwa 2 siswa yang tidak hadir sementara diizinkan untuk mengiktui kegiatan kerohanian di gereja setempat. Kegiatan monitoring diakhiri dengan foto bersama siswa/i dan guru-guru setempat serta peserta SM3T.