Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PGAUD)

LATAR BELAKANG

Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini didirikan pada tanggal 28 Agustus 1984 sesuai SK Dikti Nomor : 100/Dikti/1984, dan telah terkareditasi dengan status "C" berdasarkan SK BAN PT Nomor : 157/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/VII/2013 ( Sedang proses re-akreditasi menuju B)

VISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU ANAK USIA DINI (PGAUD)

Menjadi program studi andalan untuk menghasilkan calon pendidik dan tenaga kependidikan PAUD yang berkualitas, profesional, dan kompetitif

MISI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU ANAK USIA DINI (PGAUD)

Program Sarjana (S-1) PGPAUD FKIP Undana mempunyai misi sebagai berikut:

  1. Melaksanakan pembelajaran dan pengembangan ilmu secara aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan, agar menghasilkan calon guru PAUD yang: a. berkualitas dan kompetitif secara nasional dan internasional. b. profesional dalam melaksanakan pembelajaran dan pendampingan. c. antisipatif, responsif, inovatif, dan kreatif dalam melakukan tugas. d. Mengabdi pada profesi sesuai kode etik dan nilai-nilai moral.
  2. Melakukan penelitian untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat, agar calon guru dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari dan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan dan harapan masyarakat.
  4. Menciptakan iklim akademik yang  dinamis dan kondusif, sehingga mendorong tumbuhnya kehidupan ilmiah, sosial, budaya, dan religius, yang memungkinkan terlaksananya Tri Dharma Perguruan Tinggi secara efisien dan efektif.
  5. Melakukan kerjasama dalam bidang pendidikan dan pelatihan dengan perguruan tinggi lain (konsorsium) dan institusi lain serta LSM yang peduli terhadap pendidikan anak usia dini.

TUJUAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU ANAK USIA DINI (PGAUD)

Penyelenggaraan Program S1 PGPAUD bertujuan untuk menghasilkan guru berkualifikasi sarjana yang memiliki kompetensi sebagai guru PAUD yang dapat:
  1. Memberikan pengasuhan dan pembimbingan yang memungkinkan anak usia dini tumbuh dan berkembang sesuai dengan usia dan potensinya.
  2. Mengidentifikasi berbagai penyimpangan yang mungkin terjadi sehingga dapat dilakukan intervensi dini.
  3. Menyediakan pengalaman belajar yang beraneka ragam dan menyenangkan bagi anak usia dini yang memungkinkan mereka dapat mengembangkan potensinya dalam berbagai bidang, sehingga siap untuk mengikuti pendidikan pada jenjang sekolah dasar.

SPESIFIKASI LULUS

Program S1 Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PGAUD) menghsilkan lulusan yang berwawasan global serta mampu memecahkan masalah pendidikan khususnya pada tingkatan anak usia dini.

PELUANG KERJA LULUSAN

Lulusan program studi pendidikan guru anak usia dini berpeluang untuk bekerja dibidang :

1. Pendidikan sebagai guru dan dosen

2. Peneliti dibidang pendidikan

3. Lembaga swadaya masyarakat

4. Militer dan Kepolisian

SISTEM KURIKULUM

Kurikulum yang berlaku di program studi pendidikan anak usia dini adalah kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indoensia (KKNI), untuk sebaran mata kuliah dan kurikulum dapat download disini

SYARAT MASUK

Untuk menjadi mahasiswa program studi pendidikan anak usia dini wajib memenuhi syarat sebagai berikut :

1. Lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat semua jurusan.

2.Lulus ujian saringan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), jalur undangn atau Ujian masuk mandiri

3. Sehat jasmani dan rohani

Untuk informasi pendaftaran silahkan download brosur