Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Strategis

VISI FKIP:

FKIP Undana adalah lembaga Pendidikan Tinggi penghasil calon guru berkompeten, profesional, berkharakter kuat dan mampu berkompetesi dalam persaingan global.

MISI FKIP:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang mampu menghasilkan calon guru berwawasan global, profesional, berakhlak mulia, berbudi pekerti, mandiri, inovatif, kompetitif, sehat, disiplin dan menguasai IPTEKS.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mengembangkan IPTEKS yang sesuai kebutuhan pembangunan.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui pemanfaatan IPTEKS untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Mengembangkan system manajemen yang profesional, efektif dan efisien.
  5. Membangun kerjasama dengan instansi dalam dan luar negeri untuk menguatkan kapasitas kelembagaan.


TUJUAN FKIP:

  1. Menyiapkan peserta didik dan menghasilkan calon guru berkompeten, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berbudi pekerti, mandiri, inovatif, kompetitif, sehat, disiplin dan profesional.
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan hasil penelitian untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan/atau IPTEKS.
  3. Menyebarluaskan dan memanfaatkan informasi tentang IPTEKS.
  4. Menghasilkan system manajemen yang profesional, efektif dan efisien
  5. Menghasilkan produk-produk kerjasama dalam dan luar negeri yang bermanfaat bagi pengembangan dan penguatan kelembagaan.


SASARAN STRATEGIS:

Kebijakan untuk misi 1 : Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang mampu menghasilkan calon guru berwawasan global,profesional, berakhlak mulia, berbudi pekerti, mandiri, inovatif, kompetitif, sehat, disiplin dan menguasai IPTEKS.

  1. Kebijakan peningkatan mutu pendidikan yang berdaya saing Nasional dan internasional. Peningkatan mutu Pendidikan Tinggi mengacu pada standar nasional pendidikan Tinggi menurut PP No. 19 tahun 2005. Iharapkan dalam periode 2013 – 2017 semua Prodi terakreditasi oleh BAN –PT dan mendapat ijin penyelenggaraan akademik dengan nilai yang meningkat. Mutu pendidikan ditentukan pula oleh penerapan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) yangdiikuti dengan perubahan kurikulum dan perubahan penggunaan pendekatan, model pembelajaran, metode mengajar, teknik dan strategi pembelajaran serta penggunaan fasilitas ICT yang cukup memadai termasuk e-learning. Untuk mendukung Semua Jurusan/Prodi wajib menyusun dan menerakan KBK.
  2. Kebijakan peningkatan kualitas dosen dan tenaga kependidikan. Percepatan peningkatan kualifikasi pendidikan dosen dari S1 menjadi S2 ( 2014), dari S2 menjadi S3 ( 2016-201). Untuk tenaga dosen misalnya dosen S1 target tahun 2013 sisa 10 % dari semua dosen, tahun 2014 sisa 7% dan tahun 2015 tidak ada dosen S1 atau semua dosen pada FKIP terdiri dari S2 dan S3. Sedangkan target dosen S3 bergelar dokter sejenis mencapai 10 % pada tahun 2014 dan meningkat menjadi 15 %, tahun 2017 20 %, dan tahun 2019 meningkat menjadi 40 %.
  3. Kebijakan peningkatan mutu dan jumlah saranan dan prasarana.
    Tahun 2013 menambah gedung kuliah Ilmu Pendidikan, PPKn, Pend. Ekonmi, tahun 2014 menyiapkan gasebo/hall untuk tempat duduk dan tempat belajar mahasiswa, penataan taman, tahun 2015 pembangunan gedung baru Microteahing beserta fasilitas pendukung,tahun 2016 membangun gedung Aula dan ruang dossen beserta fasilitasnya, tahun 2017 membangun gedung PPG, dan tahun 2019 membangun asrama PPG.
  4. Kebijakan Pemerataan akses pendidikan.
    Beberapa kebijakan pemerataan akses pendidikan dilakukan melalui antara lain memberi peluang bagi calon mahasiswa berprestasi dari kalangan masyarakat miskin melalui pembebasan uang kuliah, pemberian beban uang kuliah serendah mungkin untuk mahasiswa dari keluarga miskin. Selain itu juga biberi beasiswa Bidikmisi bagi mahasiswa berprestasi dari kelompok masyarakat miskin.Selain itu terdapat beberapa jenis beasiswa seperti jenis beasiswa PPA, BBM, Supersemar, beasiswa Pemda, beasiswa BNI, BRI dan lainnya.Selain itu FKIP Undana menerima mahasiswa ADI Papua untuk mendukung kebijakan Pemerintah pusat membuka akses pendidikan bagi anak-anak Papua untuk belajar di Perguruan Tinggi.
  5. Kebijakan pengembangan kemahasiswaan. Kebijakan pengembangan kemahasiswaan mengarah pada program pengembangan bakat, minat dan kegemaran.Semua program kemahasiswaan dilakukan setiap tahun dengan peningkatan folume dan peningkatan mutu penyelenggaraannya sehingga mahasiswa memiliki kompetensi pendukung dalam mendukung kompetensi-kompetensinya sebagai seorang guru profesional.

Kebijakan untuk Misi 2

  1. Kebijakan pengembangan mutu, relevansi dan daya saing penelitian
  2. Kebijakan peningkatan publikasi penelitian, karya ilmiah, jurnal dan sebagainya.

Kebijakan Untuk Misi 3

  1. Kebijakan aplikasi Ipteks yang bermutu untuk kesejahteraan rakyat.
  2. Kebijakan link and match dalam bentuk kerjasama antara akademisi, pemerintah, bisnis dan masyarakat.

Mengembangkan system manajemen yang profesional, efektif dan efisien.

  1. Pelatihan Staf akademik dan dosen untuk menguasai system manajemn akademik online termasuk SIAKD, PDPT, sistem konsultasi online (2015-2020)
  2. Menyiapkan perangkat system administrasi yang mendukung pelayanan administrasi yang profesional,efektif dan efesien (2016-2020)

Membangun kerjasama dengan instansi dalam dan luar negeri untuk menguatkan kapasitas kelembagaan.

  1. Konsolidasi pengembangan kerjasama antara Undana (FKIP) dengan Pemerintah Daerah, instansi swasta dan kerjasama dengan pihak asing/luar negeri.
  2. Peningkatan volume dan mutu kerjasama dengan instansi Pemerintah, swasta dan pihak asing/luar negeri.


bagikan artikel di

FacebookLinkedinTwitter