Karo BAAKPSI Undana Tutup Bimtek Peningkatan Kapasitas Pengelola Website

Kepala Biro Administrasi, Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Sistem Informasi (BAAKPSI) Universitas Nusa Cendana (Undana), Drs. Jimmy Benu, M. Si resmi menutup kegiatan bimbingan teknis (bimtek) peningkatan kapasitas pengelola website di Hotel Aston Kupang, Jumat (11/6/2021).

Hadir, Kepala Bagian (Kabag) Perencanaan dan Informasi BAAKPSI Undana, Imanuel Saduk, SH., MH, Kasubag Perencanaan dan Sistim Informasi BAAKPSI Hendro Supranoto, S. Kom., M. Si, tim Satgas Kehumasan dan Informasi serta para peserta admin di setiap unit se-Undana.

Dalam sambutannya, Benu mengapresiasi Bagian Perencanaan dan Sistim Informasi BAAKPSI dan Satgas Kehumasan dan Informasi yang sudah berkontribusi dalam kegiatan yang melibatkan admin web di Undana tersebut.

Para peserta Bimtek Peningkatan Kapasitas Pengelola Website serius mengikuti kegiatan pada hari terakhir di Hotel Aston Kupang, Jumat (11/6/2021)

Ia mengisahkan, ada tiga bagian di BAAKPSI, yakni Bagian Pendidikan dan Kerjasama, Kemahasiswaan dan Perencanaan dan Sistim Informasi. Namun, Bagian Perencaaan dan Informasi memiliki konsep dan inovasi yang baik dalam memajukan Undana. Kendati demikian, pihaknya tidak menganggap dua bagian lainnya tidak berkontribusi, karena menurutnya, tiga bagian tersebut selalu melakukan kerjasama dan berkoordinasi dengan baik guna meningkatkan kualitas sejumlah pekerjaan.

Benu menyebut, sebenarnya di Bagian Perencanaan, terdapat Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang manejerial, tetapi dituntut untuk memaksimalkan fungsinya dalam melaksanakan beberapa kegiatan pada Sistim Informasi dan Akademik (SIAKAD), website, renstra dan lainya.

Menjulang Tinggi, tapi Berakar

Karo BAAPSI Undana pada kesempatan itu meminta, seluruh admin website di setiap unit agar berperan dalam meningkatkan peringkat Undana. “Jangan sampai orang mengenal Undana yang menjulang tinggi tapi tidak berakar, seharusnya Undana menjulang tingi tapi berakar. Jangan  sampai Undana terpandang jauh tapi di dalam bobrok,” ujar mantan Kabag Administrasi Umum dan Keuangan di Fakultas Sains dan Teknik ini.

Ia mengaku, sangat memahami kondisi sebagian admin web yang mengeluh, tak memiliki laptop pribadi dan fasilitas lainnya. Untuk itu, Benu meminta Satgas Kehumasan dan Informasi untuk menyampaikan sejumlah keluhan yang disampaikan setiap admin web dalam pelatihan tersebut. Hal tersebut dilakukan agar kualitas pengelolaan website Undana akan semakin baik.

Sementara Ketua Satgas Kehumasan dan Informasi Undana, Dr. Jefry Balle, M. Eng dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut memiliki output peningkatan kualitas website https://undana.ac.id. Pihaknya mengaku, baru kali ini melihat komitmen kuat dan dukungan kebijakan dari pimpinan Undana, melalui BAAKPSI Undana. Karena itu, ia sangat mengapresiasi hal tersebut.

Ia menyebut, antusias para admin web selama tiga hari sangat luar biasa sehingga perlu diapresiasi. “Jarang kita bekerja dua-tiga hari dengan jumlah peserta yang masih tetap, ini tentu adanya dukungan BAAKPSI melalui Bagian Perencanaan Undana,” ungkapnya.

Untuk itu, ia berharap agar kegiatan serupa  mesti terus dilaksanakan dengan komitmen yang kuat dari para admin web sejalan dengan adanya dukungan kebijakan pimpinan Undana. “Kegiatan ini perlu dikawal lebih lanjut, karena ini merupakan awal dari segala perbaikan dalam meningkatkan kualitas kinerja universitas,” tandasnya. Menariknya, Kaprodi Teknik Mesin FST Undana itu menyebut, saat ini kegiatan tersebut sudah berdampak pada peningkatan kualitas web secara signifikan

Sebelumnya, kegiatan yang dilaksanakan sejak Rabu (9/6/2021) itu dibuka Wakil Rektor Bidang Akademiki, Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc. Sejumlah nara sumber dihadirkan dalam pelatihan itu, yakni Dr. Jefry S. Bale, ST., M.Eng  membawakan materi Strategi Peningkatan Webometrics Undana, Pelatihan Editing Video dan Foto oleh Theosoter Rangga Woly dan Meki Hagi Wila, Marthen Bana, S.Pd., M. Ikom (Teknis Penulisan Berita/Jurnalistik), Ferdy Anaboeni, S.Kom (Pengelolaan Website Menggunakan CMS WordPress), dan FGD Strategi Peningkatan Ranking Undana oleh Lembaga Perankingan Nasional dan Internasional oleh Mr. David Spears. (rfl).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *