Prodi Ekonomi FKIP Undana Berakreditasi Baik Sekali, Kaprodi: Puji Tuhan

Program Studi (Prodi) Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruandan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Nusa Cendana(Undana) akhirnya mendapat status akreditasi sangat baik. Hal ini menyusul prodi tersebut divisitasi dengan sembilan kriteria oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tingi (BAN-PT) tanggal 7 Mei 2021 lalu.
Demikian disampaikan Ketua Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Ekonomi FKIP Undana, Yacob Abolladaka, S. Pd, MM kepada media ini Kamis (27/5/2021) di Kampus Undana.


Jack, sapaan Kaprodi Pendidikan Ekonomi menyebut, prodi yang dipimpinnya mendapat akreditasi Baik Sekali berdasarkan keputusan BAN-PT No.3260/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2021. Status akreditasi tersebut berlaku sejak tanggal 25 Mei 2021 sampai dengan 25 Mei 2026.


Pihaknya mengaku, sangat bersyukur kepada Tuhan, atas capaian akreditasi Prodi Pendidikan Ekonomi tersebut. “Puji Tuhan. Tuhan Yesus baik karena telah menjawab semua kekuatiran, air mata dan pergumulan kami,” ungkapnya.


Ia mengisahkan, sebelumnya Prodi Pendidikan Ekonomi memiliki status akreditasi C dan proses re-akreditasi mulai dilakukan tahun 2019 hingga 2021 bersama semua pihak, sehingga perasaannya sangat luar biasa setelah menerima status akreditasi yang baru. “Selama dua tahun kami menanti status akreditasi ini dan perasaannya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Ada senang, suka cita dan damai sejahtera. Suatu perasaan yang luar biasa, karena dua tahun kami menanti dan Tuhan jawab dengan akreditasi baik sekali atau B, meskipun dengan sejumlah keterbatasan yang ada,” ungkapnya.


Salah satu kendala mengapa status akreditasi tersebut belum terkategori unggul, ungkap Jack, karena sumber daya manusia di Prodi Pendidikan Ekonomi masih rendah, misalnya dari jumlah minimal doktor lima orang, prodi tersebut baru memiliki tiga orang doktor. Karena itu, saat ini pihaknya tengah mendorong beberapa dosen yang bergelar magister, agar melanjutkan studiS-3, baik di dalam maupun luar negeri. Hal itu dimulai dari dirinya yang pada bulan depan sudah tercatat sebagai salah satu mahasiswa S-3 di Undana.


“Saya mulai memotivasi para dosen, karena target kami lima tahun ke depan Prodi ini harus memiliki SDM yang unggul, dan bisa mendapat akreditasi unggul,” tandasnya. Pada kesempatan itu, pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung proses akreditasi prodi, yakni keluarga, Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. drh. MaxsU. E. Sanam, M. Sc, Dekan FKIP Undana, Dr. MalkisedekTaneo, M. Si, para dosen dan staf tenaga kependidikan Prodi Pendidikan Ekonomi, serta para tim borang yang terdiri dari mahasiswa prodi tersebut.


“Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada keluarga, Pak WR I, Dekan FKIP, dosen dan tendik di prodi, dan para mahasiswa yang sudah berjerih lelah, siang-malam di rumah untuk membantu menyelesaikan proses akreditasi ini,” pungkas putra asli Alor ini. Untuk diketahui, dengan sembilan kriteria penilaian akreditasi, maka saat ini status akreditasi terbaru adalah unggul, baik sekali dan baik (rfl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *