Visi Misi

Visi

“Terwujudnya Program Studi Pendidikan Geografi yang unggul dan  menjadi rujukan dalam menghasilkan sumberdaya manusia yang berorientasi global  bercirikan  lahan kering kepulauan dan pariwisata tahun 2025“.

  1. Pokok-pokok Visi: Unggul, artinya: Program Studi Pendidikan Geografi dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kelebihan dari segi kualitas dalam penguasaan ilmu geografi dan ilmu pembelajaran, berkepribadian yang luhur dan kemampuan berkomunikasi yang efektif agar dapat menjadi guru yang memiliki kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian dan sosial yang handal sehingga mampu melaksanakan tugas sebagai guru yang profesional. Saat ini program studi pendidikan geografi telah memiliki dosen tetap  yang berkualifikasi Doktor sebesar 71,4 persen  dan seorang  guru besar yang juga sebagai assesor BAN PT. Demikian pula prestasi mahasiswa baik aspek penalaran seperti IPK rata-rata 3,38 maupun aspek  bakat minat cukup menggembirakan. Harapan program studi di tahun2025 keunggulan program studi bisa menjadi kenyataan.
  2. Pokok-pokok visi: Rujukan, artinya: Program Studi Pendidikan Geografi dapat menjadi institusi yang mampu menginspirasi dan menjadi acuan bagi program studi pendidikan geografi lainnya dalam pengembangan ilmu pembelajaran geografi dan pada gilirannya akan menjadi konsultan pembelajaran geografi. Konsisi saat ini sedang berbenah dan beberapa dosen program studi sering dipakai dibeberapa instansi pemerintah maupun swasta baik itu sebagai tenaga ahli maupun sebagai peneliti
  3. Pokok-pokok visi: berorientasi global, artinya: Program studi pendidikan geografi menjadi institusi yang menghasilkan sumberdaya manusia (Guru) yang memiliki cara pandang atau wawasan yang luas tentang perkembangan dunia agar mampu berkompetisi dalam pasar tenaga kerja baik secara nasional, maupun internasional. Pengetahuan, sikap dan perilaku tenaga pendidi dan peserta didik  sudah mulai nampak berorientasi global seperti tingkat kedisiplinan dalam perkuliahan dan kelengkapan perkuliahan sudah semakin baik dari tahun ke tahun
  4. Pokok-pokok visi: Ciri Lahan kering kepulauan dan pariwisata merupakan pola ilmiah pokok Undana  yang diharapkan agar semua program studi termasuk program studi pendidikan geografi dalam pengembangan ilmu geografi diintegrasikan menjadi arah pengembangan pusat unggulan lahan kering kepulauan dan pariwisata. Upaya untuk mendorong pengembangan lahan kering kepulauan  dan pariwisata tersebut menjadi keunggulan komparatif, dilaksanakan melalui tridharma perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk  pengkajian tentang  dinamika  kehidupan pada masyarakat  lahan kering kepulauan dan pariwisata dari sudut pandang ilmu
  5. Pokok-pokok visi: Tahun 2025, artinya program studi memiliki target untuk pencapaian visi ini pada tahun 2025 yang sesuai dengan visi Universitas Nusa Cendana (Undana).

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang mampu menghasilkan tenaga pendidik yang berkarakter, berkompeten dalam bidang pendidikan geografi, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, bermoral, mandiri, inovatif, kompetitif, sehat, memiliki kemampuan beradaptasi dengan dunia kerja, berdisiplin dan menguasai IPTEK
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang pendidikan geografi dan ilmu geografi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengembangan IPTEKS yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan di bidang pendidikan dan bidang pembangunan
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui pemanfaatan IPTEKS untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan masyarakat.

Tujuan

  1. Menyiapkan peserta didik agar menjadi lulusanyang bermutu, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan geografi serta memiliki kepribadian yang  bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia,bermoral,  mandiri, inovatif, kompetitif, sehat, memiliki kemampuan beradaptasi dengan dunia kerja, berdisiplin dan  berwawasan luas.
  2. Meningkatkan jumlah dan kualitas penelitian baik itu penelitian murni, pengembangan dan terapan geografidan penelitian pendidikan untuk kebutuhan dan kepentingan pembangunan di bidang pendidikan geografi yang terpublikasi melalui jurnal ilmiah lokal, nasional dan internasional bereputasi.
  3. Meningkatkan jumlah dan kualitas pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan geografi untuk penyelesaian masalah-masalah pembelajaran dan geografi untuk kebutuhan dan kepentingan kesejahteraan masyarakat.