123 456 789

info@example.com

Goldsmith Hall

New York, NY 90210

07:30 - 19:00

Monday to Friday

Tugas dan Fungsi GPM

Tugas GPM FKIP UNDANA

  1. Membantu Dekan dlm peningkatan Mutu Akademik Fakultas.
  2. Menyusun Dokumen kebijakan, peraturan, standar dan manual prosedur akademik tingkat fakultas.
  3. Mengkoordinasikan penyusunan Laporan Evaluasi Diri (LED) di Prodi tiap semester.
  4. Menyiapkan Audit Mutu Akademik Internal (AMAI).
  5. Peningkatan Mutu Fakultas berkelanjutan berdasarkan rumusan koreksi.
  6. Tim Gugus Kendali Mutu Mempunyai Tugas membantu Tim GPM dalam melaksanakan monitoring dan evaluasi peningkatan mutu berbasis program studi pada FKIP Undana.

Fungsi GPM FKIP UNDANA

“Mengkoordinasikan, memantau, dan mengevaluasi program kegiatan penjaminan mutu program studi di lingkungan FKIP UNDANA”

Layanan Penjaminan Mutu

  1. Akreditasi Nasional 
  2. Akreditasi Internasional 
  3. Pemeringkatan Nasional dan Internasional 

SPMI FAKULTAS

Elemen Sistem Penjaminan Mutu Internal

  • Kebijakan Mutu (Policy): Naskah/buku/dokumen yang berisi definisi, konsep, tujuan, strategi, berbagai standar dan/atau standar turunan, prioritas SPMI.
  • Pedoman Mutu (Manual): Naskah/dokumen/buku yang berisi panduan untuk menetapkan, memenuhi, mengendalikan, dan mengembangkan/meningkatkan standar; pedoman atau petunjuk/instruksi kerja bagi stakeholders internal yang harus menjalankan mekanisme tersebut.
  • Standar: Naskah/dokumen/buku yang berisi rumusan substansi atau isi setiap standar yang digunakan dalam SPMI Fakultas, termasuk 8 (delapan) standar minimal dari SNP, standar turunan dari kedelapan standar tersebut; penambahan jumlah standar selain kedelapan standar mutu.
  • Dokumen/Formulir Mutu: Naskah/dokumen/buku yang berisi berbagai formulir yang berfungsi sebagai instrumen untuk merencanakan, menerapkan, mengendalikan, dan mengembangkan standarmutu.

AMAI

Audit Mutu Akademik Internal (AMAI) adalah proses bagi Perguruan Tinggi untuk melakukan perbaikan secara terus menerus. Sesuai dengan SPMI dimana tahapannya menggunakan siklus perencanaan-Pelaksanaan-Evaluasi-Pengendalian-Peningkatan (PPEPP), maka sejogyanya kegiatan yang diawali dengan perencanaan dan pelaksanaan standar, kemudian dilakukan AMAI sebagai proses evaluasi kesesuaian antara proses/pelaksanaan dengan standar yang telah ditetapkan.

AMAI dilakukan secara berkala atau sesuai kebutuhan klien. AMAI dilakukan oleh beberapa auditor yang telah dilatih untuk melakukan audit dan memahami standar perguruan tinggi dengan baik. Auditor sebaiknya dari perwakilan tiap prodi dan audit dilakukan secara silang. Auditor diberi insentif sesuai kebijakan perguruan tinggi, karena tugas dan tanggungjawab yang cukup besar.

Proses AMAI harus direncanakan dengan baik, kapan waktunya, siapa auditornya, siapa auditee (area audit), dan batasan standar yang akan diaudit. AMAI dilakukan dengan 2 tahap, yaitu :

  1. Tahap pemeriksaan dokumen laporan kinerja dan dokumen lain yang diperlukan dengan meminta dokumen Laporan Evaluasi Diri program studi.
  2. Tahap evaluasi di lapangan (visitasi), dimana auditor akan mewawancarai auditee dan pihak lain yang terkait untuk verifikasi hasil evaluasi dokumen. Auditor harus pandai mendengar, dan bertanya dengan baik tanpa menyinggung perasaan auditee.

AMAI wajib dilaksanakan dengan memperhatikan nilai-nilai etika, profesionalitas, dan ketidakberpihakan. Harus dipahami bagi fakultas, auditor, dan auditee, bahwa AMAI adalah untuk memberi masukan perbaikan, bukan mencari kesalahan, sehingga tidak perlu terjadi masalah yang akan nemperkeruh kondisi di tempat kerja masing-masing.

BEBAN KERJA DOSEN (BKD)
SURVEI KEPUASAN
*      Survey Kepuasan Mahasiswa

Sebagai bentuk dukungan untuk proses penyiapan Instrumen Akreditasi LAMDIK Program Studi 4.0, berikut adalah tautan untuk kuesioner kepuasan Mahasiswa FKIP UNDANA.

Silahkan klik link berikut untuk mengakses Survei Kepuasan Mahasiswa: Link

*      Survey Kepuasan Dosen

Sebagai bentuk dukungan untuk proses penyiapan Instrumen Akreditasi LAMDIK Program Studi 4.0, berikut adalah tautan untuk kuesioner kepuasan DosenFKIP UNDANA.

Silahkan klik link berikut untuk mengakses Survei Kepuasan Dosen Link

*      Survey Kepuasan Tenaga Pendidik (Tendik)

Sebagai bentuk dukungan untuk proses penyiapan Instrumen Akreditasi LAMDIK Program Studi 4.0, berikut adalah tautan untuk kuesioner kepuasan Tenaga Kependidikan FKIP UNDANA.

Silahkan klik link berikut untuk mengakses Survei Kepuasan Tenaga Kependidikan Link

*      Survei Lulusan

Sebagai bentuk dukungan untuk proses penyiapan Instrumen Akreditasi LAMDIK Program Studi 4.0, berikut adalah tautan untuk Kuesioner Kepuasan Lulusan FKIP UNDANA.

Silahkan klik link berikut untuk mengakses Survei Kepuasan Lulusan Link

*      Survey Pengguna Lulusan

Sebagai bentuk dukungan untuk proses penyiapan Instrumen Akreditasi LAMDIK Program Studi 4.0, berikut adalah tautan untuk Kuesioner Kepuasan Pengguna Lulusan FKIP UNDANA.

Silahkan klik link berikut untuk mengakses Survei Kepuasan Pengguna Lulusan Link

SPME
Info Akreditasi/Re-Akreditasi BAN-PT

Sesuai Pasal 33 ayat (3) dan Pasal 60 ayat (4) UU Dikti, setiap program studi wajib mengajukan akreditasi ulang pada saat masa berlaku status dan peringkat terakreditasi berakhir. Hal ini merupakan aspek yang penting dan tidak boleh terlewatkan, karena Pasal 42 ayat (1) UU Dikti menegaskan bahwa hanya program studi terakreditasi yang berhak menerbitkan ijazah bagi lulusannya.

Selanjutnya, sesuai Peraturan BAN PT No 1 tahun 2020 tentang Mekanisme Akreditasi untuk Akreditasi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi untuk Institusi dan Lembaga Akreditasi Mandiri bagi program studi. Program studi di lingkungan LPTK diakreditasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK).Proses pengelolaan dokumen akreditasi Program Studi dilaksanakan melalui SIM Akreditasi LAMDIK (SIMALAMDIK). Submisi dokumen akreditasi pada SIMALAMDIK untuk seluruh Program Studi di FKIP UNDANA dilaksanakan melalui satu pintu, yaitu oleh Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Nusa Cendana.

Oleh karena itu, untuk dapat memelihara maupun meningkatkan peringkat akreditasi program studi, serta melindungi kepentingan mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di Prodi tersebut, maka Prodi di lingkungan FKIP UNDANAsebaiknya memahami jalur manajemen pengajuan akreditasi LAMDIK oleh GPM FKIP UNDANA.

Silakan mengikuti informasi pada tautan berikut ini:

  1. Proses Bisnis Penyusunan Dokumen Akreditasi LAMDIK
  2. Proses Bisnis Evaluasi Dokumen Akreditasi LAMDIK
  3. Kriteria dan Elemen Penilaian Akreditasi LAMDIK
  4. Nilai, Status dan Peringkat Akreditasi

Dokumen yang harus disusun Prodi dan diserahkan ke GPM dan (LP3M) Universitas Nusa Cendana untuk diproses dan dikirim ke SIMALAMDIK

Instrumen Suplemen Konversi (ISK)

Instrumen Suplemen Konversi (ISK) digunakan oleh program studi untuk melakukan konversi peringkat akreditasi dari A ke Unggul, B ke Baik sekali dan C ke Baik.

Instrumen Suplemen Konversi berdasarkan Peraturan BAN-PT No 2 tahun 2020 terdiri atas:

1.   Perban-Instrumen Suplemen Konversi
2.   Lampiran 5-ISK APS Sarjana dan Sarjana Terapan
3.  Lampiran 6-Matriks ISK APS Sarjana dan Sarjana Terapan
4.  Lampiran 7-ISK APS Magister dan Magister Terapan
5.   Lampiran 8-Matriks ISK APS Magister dan Magister Terapan

dan instrumen kuantitatif dengan format excel atau sheet pengusul terdiri atas: 1. Lembar pengusul ISK Sarjana (excel)
2. Lembar pengusul Magister ISK (excel)
6. Lembar pengusul ISK Magister Terapan (excel)

Program Studi

8 (Delapan) Kegiatan Mahasiswa di Luar Kampus
KegiatanPenjelasanCatatan
Magang / Praktik KerjaKegiatan magang di sebuah perusahaan, yayasan nirlaba, organisasi multilateral, institusi pemerintah, maupun perusahaan rintisan (startup)Wajib dibimbing oleh dosen / pengajar
Proyek di DesaProyek sosial untuk membantu masyarakat di pedesaan atau daerah terpencil dalam membangun ekonomi rakyat, infrastruktur, dan lainnyaDapat dilakukan bersama dengan aparatur desa (kepala desa), BUMDes, Koperasi, atau organisasi desa lainnya
Mengajar di SekolahKegiatan mengajar di sekolah dasar, menengah, maupun atau selama beberapa bulan. Sekolah dapat berada di lokasi kota maupun terpencilProgram ini akan difasilitasi oleh Kemendikbud
Pertukaran PelajarMengambil kelas dan semester di Perguruan Tinggi luar negeri maupun dalam negeri, berdasarkan perjanjian kerjasama yang sudah diadakan pemerintahNilai dan sks yang diambil di PT luar akan disetarakan oleh PT masing-masing
Penelitian / RisetKegiatan riset akademik, baik sains maupun sosial humaniora, yang dilakukan dibawah pengawasan dosen atau penelitiDapat dilakukan untuk lembaga riset seperti LIPI / BRIN
Kegiatan WirausahaMahasiswa mengembangkan kegiatan wirausaha secara mandiri dibuktikan dengan penjelasan / proposal kegiatan kewirausahaan dan bukti transaksi konsumen atau slip gaji pegawaiWajib dibimbing oleh seorang dosen / pengajar
Studi / Proyek IndependenMahasiswa dapat mengembangkan sebuah proyek berdasarkan topik sosial khusus dan dapat dikerjakan bersama-sama denagn mahasiswa lainWajib dibimbing oleh seorang dosen / pengajar
Proyek KemanusiaanKegiatan sosial untuk sebuah yayasan atau organisasi kemanusiaan yang disetujui Perguruan Tinggi, baik di dalam maupun luar negeriContoh organisasi formal yang dapat disetujui Rektor : Palang Merah Indonesia (PMI), Mercy Corps, dll
FAQ (Frequently Asked Questions)

Apa sih Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) itu?

Intinya adalah merdeka belajar di perguruan tinggi yang lebih otonom. Prinsipnya perubahan paradigma pendidikan agar menjadi lebih otonom dengan kultur pembelajaran yang inovatif, seperti apa pelaksanaan kebijakan Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi ini?

Kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka mendorong proses pembelajaran di perguruan tinggi yang semakin otonom dan fleksibel. Hal ini bertujuan demi terciptanya kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing perguruan tinggi.

Apa dasar hukum empat perubahan kebijakan terbaru?

Masing-masing inisiatif perubahan ini dilandasi oleh peraturan setingkat Menteri, yakni:

  • Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
  • Permendikbud Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri

Apakah ini merupakan bagian dari terobosan kebijakan Merdeka Belajar yang lalu?

Betul.Ini bagian dari rangkaian terobosan kebijakan Kemendikbud dibawah tema payung Merdeka Belajar.

Link terkait

  • Buku panduan pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Universitas Nusa Cendana download
  • Buku panduan kerjasama kurikulum dan implementasi MBKM download
  • Peraturan Rektor No. 7 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan MBKM Universitas Nusa Cendana download
  • Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Di Era Industri 4.0 Untuk Mendukung Merdeka Belajar – Kampus Merdeka download
  • Template Dokumen Kurikulum download
  • Template RPS Mutu download
  • Template RPS Case Method dan Team Project Based Learning download

Translate »